Panas yang dihasilkan
oleh proses pembakaran di dalam motor dirubah menjadi tenaga gerak. Namun
kenyataannya hanya sebagian dari panas tersebut yang dimanfaatkan secara
efektif. Panas yang diserap motor harus dengan segera dibuang ke udara luar,
sebab jika tidak maka motor akan terlalu panas dan komponen motor cepat aus.
Sistem
pendingin dalam mesin motor adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga
supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal (dalam musim panas jangan
sampai terlalu panas dan pada musim dingin jangan sampai terlalu dingin). Mesin
pembakaran dalam maupun luar melakukan proses pembakaran untuk menghasilkan
energi dengan mekanisme mesin diubah menjadi tenaga gerak.
Mesin
rongsokan atau “bangkai mesin” banyak terdapat di setiap kota besar, bahkan ada
bengkel khusus mesin rongsokan dan pedagang yang mengumpulkan mesin-mesin
rongsokan. Mesin-mesin rongsokan tersebut diambil, lalu dijual komponennya,
atau dihidupkan lagi untuk berbagai keperluan, antara lain sebagai berikut :
Karena
harga bahan bakar berupa bensin mahal, banyak pedagang bensin eceran yang
berbuat curang dengan mencampurkan minyak tanah ke dalam bensin. Hasilnya,
keuntungan pedagang bensin berlipat ganda, tetapi kerugian berupa kerusakan
mesin bagi pemilik mobil semakin besar.
Tercampurnya
bensin dengan minyak tanah mengakibatkan putaran mesin tidak lancar. Hal ini
akan terasa sekali ketika pedal gas diinjak makin dalam, karena penambahan
kecepatan mobil