Sabtu, 14 April 2012

Kapur Barus Pendongkrak Tenaga Mesin

                Karena harga bahan bakar berupa bensin mahal, banyak pedagang bensin eceran yang berbuat curang dengan mencampurkan minyak tanah ke dalam bensin. Hasilnya, keuntungan pedagang bensin berlipat ganda, tetapi kerugian berupa kerusakan mesin bagi pemilik mobil semakin besar.

                Tercampurnya bensin dengan minyak tanah mengakibatkan putaran mesin tidak lancar. Hal ini akan terasa sekali ketika pedal gas diinjak makin dalam, karena penambahan kecepatan mobil
tidak sesuai dengan injakan pedal  gas. Jika dilihat, asap yang keluar dari knalpot warnanya hitam berjelaga.

                Sebenarnya tidak sulit mendeteksi bensin campur minyak tanah atau murni. Jika diteteskan di atas kaca, bensin yang tercampur minyak tanah tidak habis menguap dalam sekejap. Sebaliknya, bensin murni akan cepat menguap. Lantas bagaimana cara mengatasinya jika bensin telah tercampur minyak tanah ? Jika bensin terlanjur dibeli, dibuang begitu saja rasanya pemborosan.

                Ada beberapa cara sederhana mengatasi bensin yang tercampur minyak tanah, yaitu sebagai berikut :
1.       Dicampur dengan Premix
Bensin yang tercampur dengan minyak tanah dicampurkan dengan premix secukupnya. Premix memiliki angka oktan yang lebih tinggi daripada premium, sehingga dapat menetralisir bensin yang tercampur minyak tanah.

2.       Dicampur dengan Kapur Barus
Cara lain mengatasi bensin yang tercampur minyak tanah adalah dengan melarutkan kapur barus ke dalam bensin tersebut. Kapur barus yang dimasukkan kedalam bensin tidak perlu ditumbuk halus, sebab jika ditumbuk halus, butiran-butiran kapur barus tersebut akan mengotori karburator dan menyebabkan kemacetan mesin.

                Angka oktan bensin akan naik sekitar 10% setelah dicampur kapur barus. Kapur barus yang biasanya digunakan sebagai pengharum pakaian dan pengusir serangga mengandung napthalena, salah satu unsur kimia yang dapat menambah angka oktan bensin.

                Mesin yang menggunakan bensin campur minyak tanah akan cepat sekali rusak, jika tidak segera diganti atau diatasi dengan cara tersebut diatas. Bensin yang tercampur minyak tanah tidak bisa terbakar dengan sempurna. Semakin banyak kandungan minyak tanahnya, semakin jelek kualitas pembakarannya. Penyebabnya adalah turunnya angka oktan dan naiknya asam bahan bakar tersebut.

                Proses pembakaran bensin campur minyak tanah menimbulkan bunyi ngelitik dan merusakkan komponen mesin, seperti piston, ring piston, poros engkol, dan pen piston.

                Angka oktan adalah angka yang menunjukkan kemampuan bahan bakar bertahan terhadap detonasi, yakni letupan-letupan pada mesin yang tidak teratur yang bukan disebabkan oleh proses pembakaran normal.

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo