Selasa, 12 Juni 2012

Ban dengan Konsep Non-Pneumatic (Tanpa Angin)


Teknologi Baru Berwawasan Lingkungan pada Ban untuk Masa Depan

TOKYO (29 Nov 2011) - Bridgestone Corporation mengumumkan telah mengembangkan ban dengan konsep Non-Pneumatic (tanpa angin) yang terbukti bisa menjadi pilihan yang lebih layak dan ramah lingkungan dibanding dengan ban konvensional di masa mendatang.

Pernyataan Misi Lingkungan Bridgestone menjelaskan tujuanPerusahaan untuk membantu memberikan kontribusi kepada masyarakat yang lebih berkelanjutan, dengan penekanan khusus pada tiga bidang – konservasi ekologi, konservasi sumber daya alam dan pengurangan emisi karbon. Untuk mendukung Misi tersebut, Bridgestone mengembangkan beragam  penelitian, seperti ban non-pneumatik, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi bagi lingkungan yang lebih sehat, saat ini dan juga untuk generasi mendatang.

Ban Non- pneumatik memiliki dampak yang lebih rendah terhadap  lingkungan daripada ban konvensional yang sekarang ini, namun sebelumnya ban konsep tersebut tidak dapat di terapkan dan di produksi untuk pasar massal. Bridgestone mengembangkan teknologi ini yang bertujuan untuk penerapan praktisnya.

Fitur Khusus Teknologi Ban Non-Pneumatic 

Dengan struktur unik dari jari-jari yang membentang sepanjang sisi bagian dalam ban guna menopang beban kendaraan, dan tidak perlu secara berkala mengisi ulang ban dengan angin, yang berarti bahwa ban membutuhkan lebih sedikit pemeliharaan. Pada saat yang sama kekhawatiran dari tusukan dihilangkan. Selain itu, berbicara tentang struktur dalam ban terbuat dari resin termoplastik  yang dapat didaur ulang, dan bersama dengan karet di bagian tapak, bahan yang digunakan pada bagian dalam ban adalah 100 persen dapat didaur ulang. Pada kahirnya, ban menetapkan standar baru dalam hal ramah lingkungan, keselamatan dan kenyamanan.
Bridgestone mengupayakan pengembangan teknologi ini dengan tujuan mencapai "cradle to cradle" proses yang proaktif untuk memaksimalkan siklus penggunaan sumber daya dari ban using ke ban baru dan penggunaan sumber daya daur ulang.


Ban non-pneumatic (tanpa angin)

Ban non-pneumatik telah dipamerkan di pameran Bridgestone di Tokyo Motor Show yang ke 42, yang dimulai pada 30 November 2011 yang lalu.
Sebuah resin sintetis yang menjadi fleksibel ketika dipanaskan, bisa diolah menjadi berbagai bentuk, dan menjadi keras bila didinginkan. Perubahan dari pemanasan dan pendinginan umumnya dapat diulang, sehingga mudah baik untuk cetakan dan daur ulang material. 

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo